Cara merawat piyik burung anis

Piyik adalah anak burung yang baru saja menetas, belum berbulu dan terlihat masih kemerahan. Pada masa ini biasanya perawatan masih dilakukan oleh induk. Namun, seringkali piyik harus diambil dari induk karena beberapa sebab. Misalnya kondisi lingkungan tidak menjamin pertumbuhan dan kelangsungan hidup piyik karena cuaca buruk, sarang lembap karena tampias hujan, atau induk sakit/mati. Untuk menggantikan peran induk perlu disediakan induk buatan berupa kotak penghangat yang dilengkapai lampu pijar atau lampu penerangan lainnya. Suhu kotak penghangat yang sesuai untuk piyik 30 C.

Ketika piyik menginjak umur 1 minggu matanya mulai terbuka. Saat itu bulu-bulu mudanya mulai tumbuh. Bulu-bulu ini akan tampak lengkap setelah piyik mencapai umur 3 minggu. Proses pemberian pakan dari saat menetas sampai sapih berlangsung antara 3-6 bulan, kalau pemeliharaan piyik dibesarkan oleh manusia juga membutuhkan waktu antara 3-6 bulan. Kalau pemeliharaan piyik ditempuh hand raising maka pemelihara harus siap setiap saat untuk menyuapi piyik bila kelaparan.

Untuk menunjang pertumbuhan yang normal, pakan yang bergizi tinggi dan berprotein amat baik untuk piyik. Jenis pakannya seperti telur semut, larva serangga, ulat bambu jangkrik, pur, serta buah-buahan. Pakan dibuat dalam bentuk lembek atau cair, disesuaikan dengan kondisi pencernaan yang sedang berkembang.

Piyik juga dapat diberi pakan instan berupa bubur bayi instan yang dilarutkan dalam air hangat dan agak kental. Penyuapan bubur dapat menggunakan spuit bervolume 20 cc yang ujungnya diganti dengan pentil ban sepeda. Frekwensi pemberian biasanya 4 kali/hari atau menurut kebutuhan tergantung umur dan kondisi tembolok piyik.

Anakan anis sebaiknya dipindahkan dari kotak penghangat ketika berumur 4 minggu (saat bulu telah tumbuh lengkap). Bentukkandang yang ideal untuk anak anis umumnya berbentuk segi empat, tetapi dapat pula berbentuk kandang bulat. Kandang untuk anak sebaiknya dilengkapi kerodong untuk melindungi burung dari terpaan angin dan bila perlu dapat terus diberi lampu 5 watt sebagai penghangat.

Selama periode perawatan anak sebaiknya kebersihan kandang dan sarang dijaga. Kehadiran binatang penganggu, seperti semut dan kucing dapat membahayakan kelangsungan hidup piyik.