Memulai ternak Kenari 1

Dewasa ini penggemar burung kenari telah mulai banyak. Selain suaranya yang dapat mengalun panjang dan menarik, burung kenari memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Burung kenari memiliki sosok tubuh kecil mungil dan warna bulu yang beraneka ragam. Walaupun memiliki sosok tubuh yang kecil, namun kenari dapat bernyanyi dan menghasilkan suara yang nyaring dan mengalun panjang dengan irama naik turun lebih dari 30 detik dalam satu tarikan nafas.

Burung kenari (serinus Canarius) sesungguhnya berasal dari kepulauan Canary. Madeir dan Azores. Burung kenari pertama kali ditemukan oleh bangsa spanyol pada saat kepulauan tersebut di kuasai oleh spanyol. Oleh para ahli berkebangsaan spanyol, burung yang memiliki suara yang sangat khas ini berhasil dikembangbiakan dan akhirnya dapat menyebar ke kawasan negara-negara di benua eropa, misalnya Belanda, Inggris, Jerman, Belgia, Norwegia dan Italia.

Berawal dari negara-negara dikawasan benua eropa tersebut muncul beberapa jenis burung kenari Holland, Yorkshire, Norweigh, Border dan Frill yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Karena pesatnya perkembangbiakan burung kenari, akhirnya sampai juga didataran benua Asia dan dikembangbiakan di negara cina dan taiwan. Dari negara-negara dibenua asia tersebut munculah kenari jenis RRT/Fusan dan jenis taiwan yang biasanya berwarna kuning, bertubuh kecil, dan memiliki suara yang lebih keras dan lebih nyaring.