Memelihara anak(bayi) tupai sampai dewasa

Halo teman2 pencinta TUPAI"

3 bulan yl gw punya 2 tupai buah dan karena gak ngerti cara meliharanya, mereka mati. Dan gw beli lagi 2 tupai kelapa masih bayi banget,untuk itu gw gak mau mereka mati makanya gw sampai nanya2 ketemen2, kemana2 juga kekaskuser info gimana memelihara tupai.
Sampai akhirnya gw nemuin website tentang memelihara tupai detailnya-step by stepnya http://thesquirrelboard.com/forums/index.php. Dan sekarang gw juga gabung dengan forum itu, well ternyata forum itu telah membuat tupai gw sekarang sehat gemuk dan jinak, dan sekarang gw punya 2 lagi. Jadi total tupai gw 4 ekor.

Ini gw berikan Ringkasan panduan cara memelihara tupai:

1. Tupai tidak bisa terkena hawa dingin. Berikan tempat untuk dia tidur dengan kain2 sisa dan banyak, karena tupai tidurnya suka ngumpet di bawah kain, usahakan buat sehangat mungkin. Bila masih bayi/kecil lebih baik dipelihara dalam kandang kecil, biar malam bisa dibawa masuk rumah.

2. Biasanya yang dijual di barito-pramuka seumur 4-5 minggu. Dan Mereka masih "harus" di berikan SUSU. Berikan SUSU ESBILAC (susu anjing)atau SUSU KMR(susu kucing). Dan hanya susu esbilac yang kandungannya sama dengan susunya induk tupai. JANGAN BERIKAN SUSU SAPI ATAU SUSU YG KITA MINUM..."Dijamin tupainya mati"(hidupnya tapi gak lama). Dan cobalah memberi makanan yang halus2 dulu sampai seumur 6-7 minggu.

Pada saat memberikan makanan dan susu usahakan jangan sampai terkena hidung karena bila masuk hidung dapat menyebabkan PHENOMIA(radang paru) dan bila terkena phenomia bisa diditeksi dengan suara "KLIK" saat dia bernafas(bisa didengar saat tidur). Cepat berikan antibiotic atau bawa ke vet. karena biasanya umurnya gak panjang.

Nb:susu esbilac bisa dibeli di PET SHOP



3. Jangan sampai Tupai dehidrasi. Kebanyakan penjual tupai bilang dikasi teh manis untuk minumnya. Sebenarnya Semakin manis,semakin tupainya dehidrasi. Jadi lebih baik diselingin mineral water saja.

4. Tupai juga suka menggangu pasangannya dengan mehisap2 pasangannya, terutama bagian hidung.perut, kaki, tangan, penis. Ini dikarenakan keinginan untuk menyusu pada induknya. Biasanya bagian yang dihisap mengalami merah dan kebotakan bulu. Cara menghindarinya dipisah sementara atau berikan makan yang banyak hingga tupainya kenyang dan cepet tidur.

5. JEMUR TUPAI DIPAGI HARI 20 menit atau VIT D. Agar tulangnya kuat. Karena sering ditemukan tupai mati karena gagal loncat, dikarenakan tulangnya tidak kuat.

6. Ini makanan yang bisa diberikan:
Fruits and veggies: grapes, cherries, apple, melon, tomato, avocado, butternut squash,papaya,broccoli,cucumber, corn on the cob,pear, spinach, mustard greens, carrot, carrot tops, raw soy bean, plum, banana, kiwi, mango, strawberry, strawberry tops, blackberry, raisin, pineapple, peach,
Nuts and seeds: pine nuts, acorns, pine cones, sunflower seeds, peanuts, walnuts, pecans, hazelnuts; sun
dried watermelon, cantaloupe, squash and pumpkin seeds, fresh rosemary, fresh lavender


yah...segitu saja teman2 share gw ini.
Gw berharap kita bisa selamatkan tupai2 INDONESIA sebelum terlambat. Karena gw beberapa bulan yl nonton acara di TV. Dikampung jawa sana mereka membunuhi tupai2 itu..katanya hama. dan bisa 200 ekor/hari...belum lagi mereka bunuh untuk dimakan. Nah bayangkan...bila tiap hari dibunuh 50-100 ekor dalam seminggu berapa ekor?????






Sumber:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=889001